Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Media
Pembelajaran Gunung Meletus Tiruan
A.
Materi
Pembahasan
Gejala Alam di Indonesia dan Negara
Tetangga mengenai Gunung Meletus
B.
Dasar
Pemilihan Media Gunung Meletus Tiruan
Membuat sesuatu yang dapat menarik
perhatian siswa dengan media yang meniru gunung meletus sehingga dapat
memotivasi dan menyenangi pembelajaran IPS. Serta mengubah persepsi siswa bahwa
pembelajaran IPS yang mereka anggap membosankan namun sebenarnya pembelajaran
yang banyak menumbuhkan pertanyaan tentang kekayaan Indonesia khususnya dalam
pembelajaran IPS, dan pembelajaran yang sangat menarik untuk dipelajari lagi.
C.
Tujuan
pemilihan media gunung meletus tiruan
1.
Memudahkan
guru menyampaikan materi pembelajaran IPS dengan media yang dapat membantu
pemahaman siswa.
2.
Menumbuhkan
motivasi, dan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran IPS
3.
Siswa
dapat menjelaskan dengan mudah bagaimana proses gunung meletus itu terjadi
dengan bantuan media yang disediakan.
4.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menceritakan gejala alam yang ada di Indonesia
beserta karakteristiknya terutama dalam gejala alam gunung meletus terjadi..
D.
Materi
pembelajaran
1.
Menceritakan
Gejala alam yang terjadi di Indonesia.
2.
Menjelaskan
karakteristik dan bagaimana terjadinya gunung meletus terjadi.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Simulasi
3.
Demonstrasi
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
2.
Guru
melakukan apersepsi dengan cara bertanya.
3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang gejala alam yang terjadi di Indonesia.
4.
Siswa
memberikan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan penjelasan guru.
5.
Guru
menjelaskan gunung meletus yang pasif dan aktif beserta ciri- cirinya.
6.
Guru
memberikan penjelasan penyebab, proses terjadinya, dan tanda- tanda gunung yang
aktif akan meletus.
7.
Guru
mendemonstrasikan media gunung meletus tiruan dengan memasukan bahan- bahan
kedalam mulut gunung seperti detergen, pewarna, cuka, dan soda. setelah itu
guru meminta bantuan siswa untuk memasukan air kedalam mulut gunung.
8.
Guru
menjelaskan lagi penyebab gunung meletus, dan efek dari gunung meletus.
9.
Guru
meminta siswa menjatuhkan pasir, batu ketika gunung meletus, seakan- akan
gunung mengeluarkan zat padat, gas, dan cair.
10.
Guru
dapat meminta siswa menuliskan kembali atau menjelaskan tentang gunung meletus
dengan bantuan media, siswa diminta untuk menggunakan media tersebut.
11.
Siswa
dapat menggambar gunung meletus didalam bukunya beserta apa yang dikeluarkan
gunung meletus.
G.
Sumber
dan media
1.
Sumber
:
a.
Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI, Penulis Sutoyo Leo Agung, Penerbit CV.
Sahabat. (2009)
2.
Media
:
a.
Gunung
meletus tiruan
b.
Detergen,
pewarna, cuka, soda
c.
Batu
kecil, pasir, dan serpihan kertas.
pembuatan media gunung ini terbuat dari botol larutan lalu dibungkus oleh karton yang menyerupai gunung, dan sisi-sisi gunung tersebut diberi hiasan seperti rumput- rumput yang rimbun dan hewan-hewan yang ada di lereng gunung.
sekian dari penulis :)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar